Daihatsu dan Toyota Siap Produksi Mobil Hibrida, Begini Konsepnya

Akhir-akhir ini vendor mobil ternama mulai melihat peluang untuk membuat mobil listrik. Sayangnya, jika memaksakan memproduksi mobil listrik tanpa perencanaan malah kemungkinan tidak akan diterima oleh masyarakat. Hal itu tentunya karena banyak pertimbangan, salah satunya ialah soal infrastuktur yang belum mendukung, seperti belum banyak tersedia tempat untuk mengisi batrai.

Nah, untuk melangkah ke arah sana para vendor mobil membuat sebuah rencana, yaitu dengan terlebih dahulu memasarkan mobil yang berkonsep hibrida. Mobil ini menggunakan dua penggerak, yakni mesin bensin dan juga mesin yang ditenagai dengan daya listrik. Ini untuk menunggu sampai infrastuktur pendukung telah memadai, barulah nanti mobil listrik akan diproduksi secara massal.

 

Bocoran Tentang Konsep MPV Hybrid Milik Daihatsu

Pada ajang GIIAS 2019 di ICE, BSD, Tangerang PT Astra Daihatsu Motor akan memamerkan konsep mobil model MPV. Dengan berteknologi hybrid mobil ini juga dipastikan berbeda dengan yang telah ada sekarang ini.  Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT ADM menjelaskan, walaupun memiliki konsep MPV namun dibuat berbeda dengan mobil keluarga lain.

Karna konsumen yang disasar ialah mereka yang memiliki jiwa muda, maka mobil masa depan itu terlihat sporty. Amel juga menjelaskan pada acara Terios 7 Wonders di Kuching, Malaysia, Jumat (21/6/2019) bahwa mobil itu bisa untuk bermain games, namun dalam keadaan berhenti. Jika mobil itu maju tidak dapat dioperasikan jadi tetap aman.

Mobil ini tidak memiliki kapasitas tujuh penumpang walaupun sebagai mobil keluarga, tetapi hanya empat atau lima orang saja. Menurut Amel secara dimensi tetap seukuran Xenia sehingga bisa memberikan keluasan kabin. Amel menjelaskan, karena konsepnya MPV hybrid yang sporty maka tidak begitu banyak penumpangnya, yang terpenting ialah banyak fitur modern-nya.

Lanjut Amel, selama pameran itu dapat menjadi ajang untuk melakukan survei kepada calon pembeli. Kemungkinan akan masuk ke dalam tahap berikutnya, yaitu produksi massal, jika konsep ini diterima dengan baik. Konsep hibrida telah mulai dikembangkan oleh Daihatsu Indonesia dan juga Jepang. Karena karekter konsumen di Indonesia lebih memilih MPV, maka Daihatsu pilih konsep seperti ini.

 

Toyota Rencanakan Konsep Mobil Hibrida, Siap Dipamerkan di GIIAS

Toyota Astra Motor (TAM), sedang bersiap untuk memamerkan salah satu produk teranyar mereka dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) yang akan berlangsung pada pertengahan Juli 2019. Sebelumnya telah diungkapkan oleh Executive General Manager Fransiscus Soerjopranoto, mobil yang akan diluncurkan ialah mobil yang berteknologi hibrida bukan mobil konvensional.

Namun, saat ditanya mengenai jenis mobilnya sendiri, Toyota masih enggan menberitahukannya. Soerjo hanya menjelaskan jika peluncuran mobil hibrida saat GIIAS nanti adalah langkah meneruskan pengenalan dan untuk mengedukasi masyarakat. Seperti diketahui, sejak tahun 2017 lalu Toyota telah melakukan sosialisasi teknologi hibrida, mobil itu sebagai usaha untuk lebih mengedukasi masyarakat.

Menurutnya, mobil berteknologi hybrid adalah langkah yang tepat untuk pasar Indonesia sebelum nantinya beralih ke mobil listrik. Hal itu tentu dengan banyak pertimbangan, mulai dari kesiapan masyarakat untuk menerimanya sampai soal infrastruktur. Mobil berkonsep hybrid ini dapat diibaratkan sebagai jembatan sebelum nanti beralih ke mobil listrik.

Nah itulah sedikit informasi tentang mobil hybrid yang telah direncanakan oleh vendor mobil terkenal termasuk Toyota. Walaupun sampai sekarang belum jelas unit hybrid seperti apa yang akan dipamerkan oleh Toyota saat GIIAS nanti. Cukup menarik untuk diikuti mengingat mobil hybrid ini sangat potensial dapat diterima oleh masyarakat. Jadi, mari kita nantikan saja peluncurannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *