Begini Cara Merawat Motor Injeksi yang Baik dan Benar

Seperti yang kita ketahui, kecanggihan teknologi pada motor terus berkembang dengan pesat. Hampir seluruh sepeda motor hasil keluaran terbaru yang ada di Indonesia telah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Dengan sistem yang satu ini, sepeda motor dipercaya dapat lebih irit dan lebih mudah dari sisi perawatannya.

Hal ini dikarenakan dalam mesin pembakaran, telah dikontrol lebih tepat antara pencampuran bahan bakar dan udara baik itu dari segi proporsi dan lainnya. Hanya saja tidak sedikit dari pengguna motor itu sendiri bermalas-malasan dalam melakukan perawatan motor. Termasuk merawat motor dengan sistem injeksi, karena mereka terlalu sibuk oleh aktivitas yang mereka jalani sehari-hari.

Tentu saja hal tersebut tidak benar, apalagi jika megingat kondisi motor harus selalu diperiksa secara berkala untuk memastikan performanya tetap prima. Oleh karena itu, di sini akan dibahas bagaimana cara merawat motor injeksi yang baik dan benar. Berikut ini beberapa tips untuk merawat sepeda motor injeksi yang bisa Anda coba.

 

Menggunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Jika Anda pernah belajar kimia, Anda pasti tahu jika dalam setiap jenis bahan bakar terdapat yang namanya oktan. Setiap bahan bakar memiliki oktan yang berbeda-beda. Semakin tinggi oktan dalam bahan bakar tersebut, maka semakin baik untuk motor. Hal ini karena oktan dapat membantu proses pekerjaan mesin menjadi lebih mudah.

Menggunakan bahan bakar yang mengandung oktan lebih dari sama dengan 90 merupakan salah satu cara untuk merawat sepeda motor injeksi yang paling mendasar. Penggunaan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi ini bisa menyempurnakan pembakaran yang terjadi di dalam mesin motor. Sebaliknya, jika Anda menggunakan bahan bakar berkualitas rendah, komponen pada mesin bisa cepat rusak.

 

Mengganti Oli Secara Berkala dan Memeriksa Kondisi Aki

Mengganti oli secara berkala juga merupakan hal yang tidak kalah penting dan tidak boleh sampai terlewat dalam perawatan motor injeksi. Lakukanlah penggantian oli setiap dua bulan sekali atau ketika motor Anda telah menempuh jarak 1000 km. Jangan sampai mesin motor kekurangan pelumas atau kering karena hal tersebut bisa mengganggu kinerja mesin.

Bukan hanya pasangan saja yang memerlukan perhatian, kondisi motor aki juga harus diperhatikan. Untuk bisa menghidupkan mesin pada sistem pembakarannya, motor yang dilengkapi dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki. Untuk itu, jika motor Anda berbasis injeksi, maka jangan sampai lupa untuk selalu mengecek kondisi aki motor itu.

 

Memperhatikan Kondisi Busi dalam Perawatan Motor

Tidak hanya aki yang perlu perhatian, busi juga tidak boleh Anda lewatkan untuk diperhatikan dan selalu dicek kondisinya. Busi sendiri merupakan pemantik api yang sangat penting untuk proses pembakaran pada mesin. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu mengecek busi agar bisa memaksimalkan proses pembakaran mesin.

Jika busi mengalami kerusakan, proses pembakaran pada mesin akan kurang sempurna sehingga mesin menjadi kurang bertenaga, hal ini dapat membuat motor menjadi tidak dapat menyala. Apabila busi motor sudah tidak bisa menghasilkan percikan api dengan maksimal, solusi yang baik ialah melakukan penggantian busi dengan yang baru.

Pada dasarnya motor dengan jenis apapun tetap memerlukan perawatan yang baik dan benar untuk tetap menjaga kualitas dan keawetannya. Namun, untuk memaksimalkan perawatan, tentu saja perawatan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan dari motor itu sendiri. Demikianlah beberapa tips untuk merawat motor injeksi yang bisa kami sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *