5 Beasiswa yang Menjadi Buruan Mahasiswa S1

Siapa yang tidak menginginkan sebuah beasiswa? Biaya kuliah yang dibayar oleh sebuah atau seorang donatur pasti banyak dicari oleh mahasiswa. Hal ini karena biaya kuliah ini tentu saja dapat membantu mereka selama melaksanakan studi di perkuliahan. Tidak jarang, alasan keberadaan ekonomi yang kurang, selalu melatarbelakangi keinginan seorang mahasiswa untuk mendapat beasiswa.

Namun, untuk bisa mendapatkan sebuah beasiswa tentu tidak semudah dengan membayangkannya. Karena banyak persyaratan yang harus ditempuh untuk bisa mendapatkannya. Beasiswa yang diterima biasanya berupa bantuan dana pada setiap bulan kepada mahasiswa. Ketika beasiswa sudah tergenggam, tidak hanya membantu keuangan diperantauan, namun ada juga pembinaan dan pelatihan yang bisa didapatkan.

 

Beasiswa Bidik Misi Incaran Calon Mahasiswa

Beasiswa yang satu ini dimiliki oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Beasiswa ini akan membebaskan mahasiswa dari biaya kuliah yang harus ia bayar dari semester awal hingga semester akhir. Penerima beasiswa ini dikhususkan hanya untuk golongan yang kurang mampu. Untuk setiap siswa/i yang baru saja lulus SMA/SMK bisa mendaftar pada beasiswa bidik misi.

Jika Anda telah menggenggam beasiswa bidikmisi ini, Anda akan menerima uang saku sebanyak Rp 700 ribu untuk setiap bulannya. Bahkan ini diberikan dari kampus. Beasiswa ini bisa didapatkan oleh mahasiswa/i yang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri. Anda dapat melihat persyaratan lengkapnya, pada situs pribadi milik beasiswa bidikmisi.

 

Beasiswa Kader Surau Paket Komplit

Beasiswa selanjutnya yang menjadi buruan para mahasiswa/i ialah beasiswa kader surau. Beasiswa yang satu ini memberikan bantuan biaya kuliah, asrama, biaya hidup, serta pelatihan. Pendaftar haruslah dari orang-orang yang memiliki keterbatasan ekonomi. Penerima beasiswa ini akan dibiayai uang kuliah, pelatihan, bantuan hidup perbulan serta asrama.

 

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Berbeda dengan dua beasiswa sebelumnya, beasiswa yang satu ini menawarkan beberapa program beasiswa untuk S1 mulai dari semester 2. Beasiswa yang dimiliki oleh KSE merupakan beasiswa regular, beasiswa unggul, beasiswa kewirausahaan sosial dan beasiswa teknologi untuk Indonesia. Tersedia 50 universitas yang menjalin kerjasama dengan beasiswa yang satu ini.

Untuk Anda yang telah berhasil mendapatkan beasiswa ini, Anda akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 600 ribu untuk setiap bulannya, leadership program, pembinaan tatap muka, seminar, workshop, serta coaching. Agar Anda dapat melakukan pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda dapat melihat persyaratannya dalam situs resmi beasiswa KSE.

 

Beasiswa Bakti Nusa Bagi Si Pintar

Beasiswa selanjutnya yang banyak dikejar oleh mahasiswa/i ialah beasiswa Bakti Nusa. Beasiswa ini hanya akan memberikan bantuan kepada mahasiswa yang berprestasi di kampus serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Penerima beasiswa ini dikhususkan bagi para mahasiswa S1 yang sebentar lagi akan lulus, yakni untuk mereka yang sedang menjalani semester 7.

Mahasiswa/i yang telah berhasil mendapatkan beasiswa yang satu ini akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 800 ribu untuk setiap bulannya selama satu tahun menjalani studi kuliah. Selain itu mereka juga akan mendapatkan mentoring dengan tokoh nasional, ikut andil dalam kegiatan kemanusiaan, serta mendapatkan pelatihan bahasa Inggris.

 

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa peningkatan prestasi akademik akan diberikan oleh Menristekdikti untuk para mahasiswa yang sedang menjalani studi perkuliahan tingkat diploma maupun sarjana. Setiap penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 350 ribu selama satu bulan periode tahun ajaran. Beasiswa ini akan membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *