Tips Memilih Smartphone Khusus Untuk Gaming

Karena perkembangan zaman sekarang banyak berita gaming yang mengalami perkembangan. Jika dulu game lebih identik pada permainan menggunakan  PC dan menggunakan konsol game. Namun, sekarang anda dapat menjumpai banyak orang yang bermain menggunakan smarphone. Karena perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat permainan game menjadi lebih mudah dan dapat dimainkan dimana saja.  Perkembangan terjadi pada sistem operasi mobile itu sendiri yang semakin canggih terutama pada  OS Android dan IOS.

Tidak semua smartphone dapat tahan jika di isi dengan game, terutama yang ukurannya memang besar.   Anda mungkin salah satu yang ingin membeli smartphone yang dapat menunjang permainan game. Maka berikut ini berita  gaming terkait bagaimana membeli smarphon untuk gaming.

Tips Membeli Smarphone untuk gaming :

1, Chipset atau Prosesor

Chipset atau Prosesor merupakan salah satu komponen penting saat bermain game atau dapat dikatakan sebagai otak dari smartphone. SoC memiliki bagian dengan fungsinya masing-masing sepeti prosesor, modem, GPU dan berbagai macam komponen lain yang mana berkerja mengatur data.

2. Mengenali Jenis Chipset

Perhatikan jenis chipset, sebab menentukan bagus atau tidaknya performa sebuah smartphone yang anda beli. Untuk lingkup mobile, chipset dikuasai oleh MediaTek dan Qualcomm. Untuk produk chipset Qualcomm misalnya  Snapdragon 835.

3. Core Menentukan Performa

Jumlah core yang banyak belum tentu mendukung, jadi jumlah tidak menentukan. Prosesor yang dioptimalisasi dapat  lebih powerful daripada jumlah. Misalnya saja chipset Apple A10 Fusion yang ada pada  iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Baru memiliki prosesor quad core 2.34 GHz, sedangkan untuk performanya tidak diragukan lagi.

4. RAM dan Memori Internal

Tips selanjutnya berhubungan dengan RAM dan memori internal yang ideal. Kita tahu  RAM yaitu tempat dimana game akan disimpan sementara untuk diakses oleh prosesor dan GPU. Sedangkan memori internal berguna sebagai tempat penyimpan data secara permanen. Jadi jika anda ingin bermain game dengan game terbaru minimal harus memiliki kapasitas RAM sebesar 3 GB atau 4 GB.  Untuk memori internal dibutuhkan minimal 16 GB dan idealnya 32GB. Jangan membeli yang kapasitas 8 GB yang mana otomatis RAM yang ada juga sedikit. Sebab game-game keluaran terbaru membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar agar dapat dipasang di smartphone anda. Agar lebih jelasnya anda dapat mencari informasi terkait tentang berita gaming.

5. GPU

Saat bermain game GPU juga merupakan bagian penting. Dapat dikatakan bahwa GPU mirip dengan CPU, perbedaannya pada proses yang berhubungan dengan grafis. Grafis menjadi bagian penting dari sebuah game maka  dari itu GPU yang kencang akan membuat pengalaman bermain semakin seru dan mengasikan. GPU juga fungsi untuk mengolah efek-efek dari game. Smartphone yang memiliki GPU yang baik bukan hanya membuat game lebih smooth tapi juga akan membuat permaianan game penuh dengan efek. GPU sudah termasuk satu paket dengan SoC dengan kata lain jika chipsetnya bagus otomatis GPU-nya juga bagus.

6. Resolusi dan Ukuran Layar

Resolusi dan ukuran layar menjadi hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih smartphone untuk gaming. Sebab grafik yang bagus dengan ukuran yang mantap juga tergantung dari besar kecilnya layar serta resolusi dari layar tersebut.  Jika anda membeli smartphone untuk gaming carilah yang memiliki resolusi 1080p jika ada yang sudah Quad HD. Untuk besar kecilnya layar dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan dapat dilihat pada pengaturan, misalnya saja 5,2 inci, 5,5 inci, hingga 6 inci.

7. Baterai dan Teknologi Fast Charging

Pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas batu baterai yang besar agar saat anda bermain tidak terganggu harus sedikit-sedikit mengisi daya. Serta cari yang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang mana membuat pengisian baterai smartphone tidak memerlukan waktu lama.

Sekian beberapa informasi seputar berita geming terkait dengan tips membeli smartphone untuk gaming. Saat anda ingin membeli smartphone untuk gaming jangan lupa juga melihat budget yang anda mliki. Jika anda seorang pemula dalam dunia game dan masih binggung, anda dapat mencari informasi terkait berita gaming lewat situs-situs atau ulasan dari para gamers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *