Nintendo Rilis Switch Baru, Benarkah Baterainya Lebih Tahan Lama?

Setelah sukses peluncuran perdana Switch Lite, Nintendo langsung mengambil kesempatan kembali dengan merilis Switch dalam versi terbaru. Kabarnya perbedaan yang paling mencolok adalah kapasitas baterai yang lebih tahan lama dibandingkan dengan pendahulunya. Benarkah?

Nintendo memberi keterangan bahwa Switch baru yang akan dirilis nantinya mampu bertahan selama 2 jam lebih lama jika dibandingkan dengan Switch versi sebelumnya. Jika digabungkan dengan total dari Switch yang pertama maka switch versi baru ini akan menjadi 6,5 jam. Jika dalam keadaan stay bisa lebih tahan lama menjadi dua kali lipat.

Meskipun resmi akan menggunakan kapasitas yang lebih besar, namun Nintendo tidak menyebutkan bagaimana pihaknya bisa membuat kapasitas lebih besar tersebut. Bisa jadi ini akibat pihak Nintendo menggunakan on a chip yang baru. Serta juga chip memori yang lebih baru. Tentunya dengan kapasitas yang lebih besar dan canggih.

 

Bagaimana Baterai Bisa Menjadi Lebih Lama?

Dua hal yang sudah disebutkan tadi sudah cukup kuat menjadi alasan mengapa dan bagaimana baterai Switch keluaran baru ini akan lebih lama dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini dikarenakan dua hal itu sudah mampu meningkatkan efisiensi pengguna daya pada bagian konsol mini yang dimilikinya.

Selain itu desas desus juga menerangkan bahwa Nintendo akan membuat Switch dengan CPU dan juga kapasitas storage yang baru. Informasi ini dapat dilihat di laman FCC yang menyebutkan informasi tersebut. Pada bagian chip yang digunakan nantinya akan serupa dengan chip yang dipakai pula pada Switch Lite.

Chip ini memilik kode Mariko, yang tak lain dan tak bukan merupakan variasi Tegra X1 yang pernah dipakai oleh Switch versi sebelumnya dengan kode Logan. Chip yang dimaksud tersebut menggunakan pabrikasi 16nm lebih kecil dibandingkan dengan logan yang sebelumnya mencapai 20nm. Inilah alasan yang menjadikan konsumsi daya menjadi lebih efisien.

Dengan alasan tersebut menjadikan Switch versi pertama menjadi memiliki kapasitas baterai yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan pendahulunya. Ini tentunya menjadi kabar yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh lapisan masyarakat. Khususnya bagi masyarakat pecinta bermain game. Kehadiran Switch baru ini pasti akan disambut dengan gembira.

 

Kelebihan Switch Versi Baru

Tentu ada alasan mengapa Nintendo mengeluarkan versi terbaru dari produknya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Ini terjadi atas antusias dan rasa ingin memberikan yang terbaik untuk seluruh pelanggan. Selain itu juga karena pihaknya ingin selalu memberikan inovasi terbaru. Harapannya bisa mengimbangi laju perkembangan zaman yang kian mumpuni.

Oleh sebab itu kehadiran Switch versi baru tentu akan memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Karena tidak mungkin Nintendo tidak melakukan perbaikan pada versi yang telah diluncurkan sebelumnya. Bukan karena versi sebelumnya tidak baik, namun karena pihak Nintendo ingin menciptakan inovasi terbaru yang sesuai dengan tren.

Dengan alasan ini kemudian muncullah Switch versi terbaru yang digadangkan akan memiliki kapasitas baterai yang lebih mumpuni. Kabarnya jika digunakan untuk memainkan permainan The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Switch versi baru ini bisa bertahan selama 5,5 jam. Waktu yang cukup panjang untuk memainkan game.

Terlebih jika dibandingkan dengan Switch sebelumnya yang hanya mampu bertahan selama 3 jam saja. Peningkatan ini cukup pesat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penasaran ingin cepat melihat bagaimana penampilannya? Tunggu sampai pertengahan agustus 2019 mendatang. Karena Switch dengan kode HAC-001(-01) ini akan tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *