Kabar Gembira, Konsol Nintendo Switch Bisa Jalankan Android

Bukugadget – Memahami betul bahwa perang konsol game begitu sengit, Nintendo tidak mau kehilangan momentum. Melihat kesuksesan yang diraih Sony lewat PlayStation4, Nintendo pun resmi mengeluarkan konsol baru bernama Nintendo Switch pada Maret 2017 silam. Seperti yang diharapkan, Switch mampu kembali membuat keuangan Nintendo meraup laba besar berkat penjualan yang fantastis.

Setidaknya selama lebih dari dua tahun dirilis, Nintendo Switch sudah mencatat penjualan lebih dari 30 juta konsol secara global, seperti dilansir Reuters. Namun catatan penjualan yang membanggakan itu tidak menghentikan Nintendo berinovasi. Pada tahun 2019 ini, Nintendo Switch dihadirkan dengan fitur yang lebih fleksibel dan menyesuaikan zaman karena bisa mengoperasikan Android.

Seolah tak mau kalah dengan smartphone, Nintendo Switch yang dikenal sebagai konsol gaming portable (handheld) ini bakal bisa menjalankan sistem operasi/Operating System (OS) keluaran Google tersebut. Adalah kelompok pengembang switchroot yang tengah sibuk mengerjakan uji coba pemasangan Android di Nintendo Switch.

 

Sistem Kerja dan Cara Pakai Android di Nintendo Switch

Diketahui, switchroot mengerjakan OS sendiri berdasarkan ROM custom Android yakni Lineage OS 15.1 yang awalnya didesain khusus untuk perangkat Nvidia Shield TV. Untuk bisa menjalankan Android di Nintendo Switch, Anda perlu meretas sistem keamanannya dan memakai bootloader Hekate. Siapkan kartu memori SD dan software untuk menyalin file ROM custom.

Jika sudah, tinggal masuk ke Hekate dan pasang OS Android yang disalin ke kartu memori sekaligus aplikasi Google. Hanya saja karena OS Android yang digunakan bukan resmi dari Nintendo, bakal ada beberapa bug dan error. Seperti layaknya root pada smartphone, segala masalah yang timbul pada Nintendo Switch menjadi tanggung jawab pengguna.

Meskipun memang pemasangan OS Android pada Nintendo Switch masih belum dilakukan secara resmi, pengguna Nintendo Switch tak perlu khawatir akan adanya hiburan selain game dalam konsol tersebut. Pasalnya, Google merilis aplikasi Youtube khusus untuk pengguna Switch. Tak ada beban biaya tambahan, Anda hanya perlu login di MyNintendo dan siap melakukan video streaming.

 

Final Fantasy 9 Bisa Dinikmati di Nintendo Switch

Lepas dari inovasi yang mungkin bisa dikembangkan dari Nintendo Switch, konsol yang satu ini sebetulnya sudah berhasil merebut perhatian gamer sedunia. Karena pada Februari 2019, salah satu game super populer di dunia yakni Final Fantasy (FF) bisa dimainkan secara resmi di Nintendo Switch. Penerbit game tersebut, Square Enix, merilis game lawas PlayStation1 yakni FF9 di Switch.

Sejak 13 Februari 2019, FF9 bisa diunduh resmi di Nintendo eShop dengan harga USD21. Sebelum diluncurkan untuk konsol Nintendo Switch, Square Enix sempat berjanji bakal menghadirkan FF di konsol game modern lainnya, Xbox One. Bersamaan dengan perilisan FF9 di Nintendo Switch, game legendaris ini juga bisa dinikmati di Xbox One dan Windows 10.

Sebulan sejak perilisan FF9, Square Enix juga merilis FF7 pada 27 Maret 2019. Tak berhenti di situ, game spin-off dari Final Fantasy yang bergenre petualangan yaitu Chocobo’s Mystery Dungeon: Every Buddy, telah dirilis sepekan sebelumnya, tepatnya 20 Maret 2019. Berturut-turut setelah itu, pengguna Nintendo Switch juga bisa menikmati FF10, FF10.2 dan FF12: The Zodiac Age.

Dengan pembaruan Nintendo Switch, tak heran kalau konsol yang satu ini memang digadang-gadang mampu jadi pesang kuat PlayStation4. Jika PlayStation5 direncanakan rilis pada 2020, patut dinanti seperti apa perkembangan Nintendo Switch ke depannya.

GOLDTOGEL4D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *