Serius Lawan Android? Huawei Sepakat Ajukan OS Harmony

Huawei melebarkan sayapnya dengan melakukan upgrade OS nya. Ini terbukti bahwa Hongmeng tidak menjadi sistem operasi (OS) satu-satunya yang akan dijadikan sebagai senjata Huawei. Namun vendor asal China ini juga bermaksud menyediakan sebuah OS baru yang diberi nama Harmony. Ini sebagai wujud keseriusan dalam menyaingi pendahulunya yaitu android.

Beberapa waktu yang lalu, sebagai bukti atas keseriusan OS yang hendak di gadangkan ini, Huawei telah berhasil mengajukan aplikasi ciptaan mereka pada European Union Intellectual Property Office. Tentunya dengan mendaftarkan Harmony sebagai OS yang ditujukan untuk perangkat mobile (smartphone) dan juga perangkat komputer.

Kabar terkini pengajuan tersebut telah dilakukan, tepatnya jatuh pada tanggal 12 Juli 2019 kemarin. Rencananya jatuh pada tanggal 15 juli 2019 akan dilakukan pemeriksaan oleh pihak terkait, dilansir dari gsm-arena. Huawei berharap ini bisa menjadi babak baru bagi mereka untuk lebih siap dalam bersaing melawan android.

Selain itu informasi lain juga menyebutkan bahwa OS ini akan menjadi keluarga Ark. Atau menjadi adik dari Hongmeng yang lebih dulu dikembangkan pada tahun 2015 lalu. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah beberapa keunggulan yang di berikan Huawei dengan sistem terbarunya, yaitu sebagai berikut.

Keunggulan Yang Ditampilkan Huawei

Sejauh ini Huawei masih bungkam mengenai apa saja keunggulan dari OS terbarunya tersebut. Mereka masih merahasiakan bagaimana kerja OS tersebut, namun ini tidak berarti mereka main-main akan apa yang hendak dilakukannya. Peluncuran OS terbaru artinya Huawei benar-benar serius mengembangkan perusahaan yang dijalaninya.

Dengan kemampuannya ini, tentu berencana akan menyempurnakan OS pendahulunya yaitu Hongmeng. Artinya upaya untuk mengusik Android terus dilakukan untuk mendapatkan respon yang positif dari konsumen. Namun sejauh ini belum bisa dipastikan apakah harmony OS terbaru atau Hongmeng yang berganti nama saja, karena belum ada pernyataan secara resmi dari huawei itu sendiri.

Meski belum jelas bagaimana OS harmony yang akan di usung, namun ada satu hal yang pasti. Seperti Ark OS, Harmony juga dikabarkan akan menjadi salah satu perangkat lunak yang diciptakan untuk pasar global, atau negara yang berada di benua Eropa. Sebagaimana telah dirangkum oleh kompastekno dari letsgodigital pada hari minggu kemarin.

Selain itu, OS Hongmeng juga disebut lebih unggul dibandingkan dengan OS Android atau robot hijau. Keunggulan 60 persen ini terbukti dari hasil uji coba yang dilakukan pada kurang lebih 1 juta ponsel huawei yang pernah dikirimkan ke berbagai vendor yang menjadi rekanan huawei. Ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi huawei untuk melebarkan sayapnya.

Kisah Perjalanan Perusahaan Huawei

Kisah perjalanan perusahaan ini tidak selamanya mulus. Ini terbukti dengan perjalanan terjal dan pahit perlu dialami oleh perusahaan asal China yang satu ini. Ada kabar yang menyebutkan perusahaan tersebut memasukan daftar hitam dinegara Paman Sam. Ini dibuktikan dengan adanya blacklist oleh Dapartemen Perdagangan Amerika Serikat.

Dengan masuknya Huawei menjadi daftar hitam di negara paman Sam tersebut, membuat perusahaan ini menjadi kesulitan dalam mengepakkan sayapnya dinegara yang satu ini. Informasi terkait juga menyebutkan bahwa akan ada pembatasan pengiriman. Pembatasan ini terjadi akibat daftar hitam yang telah disebutkan sebelumnya.

Kehadirannya kabar tersebut, tidak menyurutkan perusahaan ini untuk terus menyaingi android. Bahkan mereka terus melakukan inovasi-inovasi terkini mengikuti perkembangan zaman yang telah ada. Inovasi akan terus dilakukan sampai pada titik dimana huawei benar-benar mampu bersaing dan menjadi smartphone idaman bagi para konsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *