3 Tips Fotografi Terbaik Menggunakan Smartphone

Dulu, ketika seseorang ingin berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat yang jaraknya tidak memungkinkan untuk bertemu langsung, menggunakan media surat adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Namun sayang, proses penyampaian pesan lewat surat dapat dikatakan membutuhkan waktu yang lama, berkisar dari tiga hari bahkan sampai berminggu-minggu lamanya.

Namun kini, berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, untuk melakukan komunikasi saat ini pun sangatlah mudah. Banyaknya media penghubung seperti chatting ataupun videocall dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik saja. Tidak hanya itu, berbagai macam aktivitas pun dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi, salah satunya dalam bidang fotografi.

 

Jenis Smartphone Berdasarkan OS

Kehadiran Smartphone di dunia komunikasi memang memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, hanya mengAndalkan sebuah Smartphone di genggaman tangan, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas tanpa harus membawa peralatan lain untuk menyelesaikannya. Sehingga hal tersebut menjadi sangat praktis dan juga efisien.

Sebuah Smartphone tidak dapat berfungsi secara optimal tanpa adanya sebuah OS (Operating System). OS sendiri merupakan software yang berfungsi untuk mengatur berbagai macam operasi yang disematkan pada Smartphone, sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh para pengguna (user) untuk aktivitas sehari-hari. Di pasaran Smartphone sendiri terdapat banyak sekali jenis OS yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Android

Android merupakan Operating System yang digagas oleh Google, perusahaan besar yang bekerja di bidang Search Engine. Android sendiri mengusung nama-nama unik di setiap Operating System yang diciptakan. Menggunakan nama makanan yang lezat, contohnya saja seperti KitKat, HoneyComb hingga Ice Cream Sandwich.

  1. IOS

Untuk Anda para pengguna Smartphone bermerek Apple, pasti sudah tidak asing lagi dengan Operating System berbasis IOS. IOS sendiri merupakan singkatan dari Iphone Operating System yang di desain khusus, untuk berbagai macam perangkat pintar dengan logo apel tergigit ini. Kecanggihan yang disuguhkan IOS tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

  1. Windows

Biasanya, perangkat Smartphone yang berbasis Operating System Windows mempunyai tampilan fresh. Hampir menyerupai IOS yang mempunyai asisten program bernama SIRI, di Windows sendiri pun memiliki hal serupa yang bernama CORTANA.

 

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone

Operating System yang disematkan pada sebuah Smartphone memang cukup mempengaruhi, bagaimana setiap menu yang ada berjalan dengan fungsinya masing-masing. Meskipun begitu, hal tersebut kembali lagi kepada bagaimana Anda menggunakan Smartphone tersebut secara maksimal. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan fitur kamera untuk bidang Fotografi.

Jika Anda berfikir untuk mendapatkan hasil foto harus menggunakan kamera mahal seharga puluhan juta. Namun pada kenyataannya, hanya mengandalkan Smartphone, Anda pun dapat menghasilkan jepretan foto yang ciamik dan tidak kalah dengan perangkat fotografi lainnya. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat tiga tips fotografi untuk Anda dengan menggunakan Smartphone.

  1. Penggunaan Fitur Zoom

Penggunaan fitur zoom akan sangat maksimal jika smartphone yang Anda punya disematkan auto zoom. Jika Anda terlalu sering menggunakan Zoom, maka resolusi foto yang dihasilkan menjadi tidak jernih dan buram.

  1. Minimalisir Penggunaan LED Flash

Penggunaan LED Flash sangat membantu Anda untuk mengabadikan sebuah momen foto dalam kondisi cahaya yang rendah. Namun, penggunaan Flash sering menjadikan hasil foto Anda kurang maksimal, dibandingan menggunakan kamera non flash.

  1. Memahami Fitur Kamera

Pelajari secara mendalam mengenai fitur-fitur yang tersedia di kamera smartphone Anda. Mulai dari saturasi, kecerahan hingga ketajaman foto harus Anda pelajari terus menerus hingga mampu menghasilkan sebuah foto yang cantik.

Bagaimana? Tidak sulit bukan menghasilkan sebuah foto terbaik hanya mengandalkan Smartphone? Oleh karena itu, segera gunakan Smartphone Anda dan bidik objek favorit untuk dijadikan sebuah foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *