Monero, Mata Uang Pesaing BitCoin

Investasi dan pertukaran uang digital atau Cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Ada banyak jenis Cryptocurrency yang senantiasa bersaing satu sama lain untuk menarik banyak investor. Semua jenis Cryptocurrency memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, berdasarkan pernyataan dari Europol yang merupakan lembaga pelaksanaan hukum di Uni Eropa, ada banyak Cryptocurrency yang kini popularitasnya sedang sangat tinggi. Salah satu mata uang yang cukup banyak peminat dan menjadi trend digunakan dalam pertukaran ataupun investasi adalah Monero. Monero menjadi privacy coin yang didesain untuk menghindari berbagai bentuk pelacakan atau hack atasnya.

Apa Itu Monero?
Monero merupakan sebuah mata uang digital yang banyak dijadikan alternatif untuk pertukaran atau investasi. Mata uang yang masih sejenis dengan Bitcoin. Sama dengan Bitcoin itu sendiri, Moner juga mendasarkan dirinya pada jenis algoritma desentralisasi yang dapat diperoleh dengan memakai CPU atau GPU. Monero yang juga dikenal dengan mata uang fokus serta privasi memang memunculkan daya tarik tersendiri yang cukup signifikan di pasar gelap berbagai belahan dunia. Hal tersebut disebabkan karena ia telah mencapai angka lebih dari $ 240 atau 32 juta dollar.

Monero sendiri dirilis pada bulan April tahun 2014. Namanya pada saat itu adalah BitMonero. Mata uang digital satu ini sejak awal kemunculannya adalah pada sisi desentralisasi, skalabilitas, dan juga privasi. Mata uang digital satu ini juga berbeda dengan koin digital lainnya karena didasarkan pada protokol daro Cryptonote. Dengan metode pembayaran yang satu ini. transaksi jual beli Monero akan dilakukan secara pribadi dan keamanannya menjadi terjamin. Akan tetapi, jenis mata uang yang satu ini juga tergantung pada tanda tangan untuk bisa memberikan privasi hanya sampai batasan tertentu.

Cara Mining Monero
Monero didesain untuk bekerja pada Proof of Work algoritma yang berfungsi sebagai pengaman jaringan. Penambangannya sendiri ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Sedangkan cara penambangannya adalah ia ditambang dengan menggunakan metode yang berbeda dengan yang ada pada Bitcoin. Ada beberapa tempat yang dijadikan sebagai tempat penambang koin Monero.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk penambangannya adalah dengan menggunakan GPU. Yang merupakan Hardware penambangan khusus yang dipakai oleh beberapa kalangan untuk mendapatkan peningkatan hasil tambangan. Ketika menambang koin jenis ini, banyak juga orang yang membangun mining rig secara pribadi. Hal itu dikarenakan cara seperti ini dianggap cukup memberikan keuntungan bagi penambang. Akan tetapi, membuat mining rig sendiri tentu menghabiskan biaya yang bisa dibilang besar.

Keunggulan Monero
Ada yang spesial dari penambangan Monero itu sendiri, yakni mampu menurunkan tingkat kinerja. Nah, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dari pertambangan koin ini, Sebaiknya Anda membeli banyak CPU murah. Dan perlu diingat bahwa Anda akan memperoleh margin yang baik meski hanya investasi dalam jumlah kecil. Meski demikian, Anda memiliki CPU yang cukup kuat dan terjamin.

Banyak yang mengatakan bahwa Monero adalah mata uang pesaing dari Bitcoin. Ini sah-sah saja karena memang keduanya sedang sangat populer dan cukup banyak diminati oleh para investor yang berinvestasi mata uang digital. Namun, keduanya memiliki perbedaan dan juga kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri. Investor bisa menimbang kelebihan dan kekurangan masing-masing sebelum memutuskan untuk investasi.
Itulah ulasan mengenai Monero yang merupakan jenis mata uang pesaing Bitcoin yang bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *