Ini Cara Memastikan Cryptocurrency Atau Bukan

Ini Cara Memastikan Cryptocurrency Atau Bukan

Crypto baru-baru ini menjadi salah satu hal yang cukup di kenal dan di kejar banyak orang. project crypto sendiri banyak diminati untuk di kembangkan beberapa pihak. Akan tetapi, hal ini akan membuat banyak yang mulai memanipulasi dan mengatasnamakan diri sebagai crypto padahal bukan crypto. Dalam hal ini Anda sebagai konsumen harus menaruh perhatian lebih sehingga tidak salah memilih jenis crypto. Lalu, bagaimana cara memastikan bahwa itu crypto atau bukan? Nah, jika Anda bingung jangan khawatir karena ulasannya bisa Anda temukan di bawah ini.

Apa Sih Cryptocurrency Itu?

Sebelum mengetahui lebih jauh bagaimana caranya membedakan mana yang cryotocurrency beneran dan mana yang bukan, sebaiknya, Anda memperdalam tentang apa itu cryptocurrency terlebih dahulu. Mungkin nama ini sudah tidak asing di telinga masyarakat sendiri dengan perkembangannya yang cukup pesat. Akan tetapi pengertian yang sebenarnya mungkin kurang di ketahui.

Awalnya crypto ini muncul dalam bentuk bitcoin. Akan tetapi, sebenarnya penemu bitcoin sendiri lebih menganggapnya sebagai sistem pembayaran elektronik dan bukan sebagai mata uang. Akan tetapi, dalam perkembangannya, bitcoin lebih di kenal sebagai mata ang digital. Dan secara lebih jelas, cryptocurrency ini merupakan mata uang yang berbasis pada cryptografi.

Desentralisasi Jadi Pondasi Utama Cryptocurrency

Jika berbicara tentang cryptocurrency, maka akan lekat pula dengan istilah desentralisasi. Desentralisasi sendiri dalam cryptocurrency di tekankan dengan tujuan agar keamanan berlapis dalam mata uang ini bisa berjalan sepenuhnya. Adanya pihak otoritas dalam cryptocurrency di anggap sebagai sebuah kelemahan. Oleh karena itulah sistem desentralisasi sangat di kuatkan. Dari keterangan tersebut, maka bisa di pahami bahwasanya jika Anda tengah bergabung dan memiliki salah satu jenis cryptocurrency, maka pastikan bahwa sistem yang di gunakan adalah sistem terdesentralisasi untuk memastikan keamanan.

Karakter Project Baru Cryptocurrency

Dua hal mendasar dalam sebuah cryptocrrency salah satunya adalah desentralisasi. Sedangkan satu hal lainnya adalah transparansi. Dua hal ini menjadi tolak ukur utama dalam crypto sendiri. Sedangkan fungsi atau tujuan dari kedua hal tersebut adalah untuk memberikan kesempatan masyarakat sehingga mereka bisa menilai secara bebas segala aspek pelayanan yang di berikan pihak pengembang.

Selanjutnya, berkaitan dengan masalah crypto atau bukan, dalam hal ini Anda perlu mengenal karakter project baru cryptocurrency. Sedangkan beberapa hal mendasar yang telah menjadi kebiasaannya diantaranya adalah announcement, spesifikasi, source code, whitepaper, roadmap,  developer dan market.

Dalam hal ini pada awal kemunculan maka akan di lakukan perkenalan terhadap cryptocurrency. Selanjutnya, untuk masalah spesifikasi ada banyak aspek yang menjadi cakupannya. Diantaranya adalah total supply, algoritma, pool dan lain sebagainya. selanjutnya, yang cukup penting adalah source code yang merupakan penentu utama apakan itu crypto atau bukan. Nah, ketika source code muncul biasanya akak di iringi whitepaper. Namun perlu di perhatikan bahwa keduanya harus sesuai, jika ada yang tidak sesuai maka Anda pun perlu mencurigainya.

Sedangkan untuk developer, dalam hal ini bisa juga Anda menjadikannya patokan melihat itu crypto atau bukan. Dalam hal ini crypto akan memberikan kualifikasi secara jelas tentang pengembangannya. Dan yang terakhir, bisa di lihat pula dari marker. Di sini biasanya crypto akan berusaha untuk dimasukkan dalam market kapitalisasi crypto.

Demikianlah ulasan tentang cara memastikan crypto atau bukan. Jika ada beberapa hal yang mungkin tidak sesuai, maka Anda harus memperhatikannya dengan baik. Dan pastikan hanya ikut crypto yang pasti saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *