Microsoft Tidak Akan Merayakan April Mop

Microsoft telah mengambil sikap untuk menentang perayaan April Mop di perusahaannya sendiri. Kepala Pemasaran Microsoft, Chris Capossela, telah memperingatkan semua karyawannya untuk tidak berpartisipasi dalam acara tipuan yang dianggap mengganggu ini. Acara yang akan jatuh di hari Senin depan ini dianggap tidak baik bagi Microsoft.

 

Tidak Memberikan Hasil

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada, aksi-aksi tipuan pada April Mop tidak memberikan dampak positif yang banyak dan bisa menghasilkan berita-berita yang tidak diinginkan, sehingga Ia mendorong semua tim di dalam perusahaan Microsoft untuk tidak melakukan tipuan April Mop yang menghadap public.

Ia menghargai bahwa orang mungkin telah menggunakan waktu dan sumber daya untuk kegiatan ini, tetapi Ia percaya bahwa ini akan lebih menimbulkan banyak kehilangan daripada mendapatkan keuntungan hanya untuk sekedar mencoba lucu. Terlebih dari pengalaman masa lalu dimana lelucon ini menjadi boomerang. Google pernah terpaksa meminta maaf karena menyebabkan kekacauan email bagi pengguna Gmail karena April Mop ini.

Larangan Hari April Mop Microsoft datang tepat ketika perusahaan menghidupkan kembali asisten Clippy Office sebelum membunuhnya sehari kemudian. Pekerja Microsoft mengubah penjepit kertas menjadi paket stiker animasi untuk perangkat lunak obrolan tim perusahaan, tetapi sebuah sumber mengatakan bahwa perusahaan menutupnya sehari kemudian.

April Mop adalah tradisi yang telah berjalan selama 500 tahun, tapi itu tetap ada setiap tahun. Microsoft jelas berusaha untuk memimpin dan mengubahnya dari sudut pandang teknologi, jadi kita harus melihat apakah pesan yang sama telah mencapai Google, Amazon, Snap, T-Mobile, dan banyak perusahaan teknologi lainnya yang berpartisipasi dalam program tahunan ini.

 

Dituliskan dalam Sebuah Memo

Chris Caposella menuliskan ini dalam memo berikut:

“Hai semuanya,

Ini adalah tahun ketika perusahaan teknologi mencoba menunjukkan kreativitas mereka dengan aksi April Mop. Terkadang hasilnya lucu dan terkadang tidak. Bagaimana juga, data yang ada telah memberi tahu kita bahwa aksi ini memiliki dampak positif terbatas dan benar-benar dapat menghasilkan siklus berita yang tidak diinginkan.

“Mempertimbangkan yang dihadapi industri teknologi saat ini, saya meminta semua tim di Microsoft untuk tidak melakukan aksi Hari April Mop yang menghadap publik. Saya menghargai bahwa orang mungkin telah mencurahkan waktu dan sumber daya untuk kegiatan ini, tetapi saya percaya kita memiliki lebih banyak kehilangan daripada keuntungan dengan mencoba menjadi lucu pada hari ini.

Informasi ini mohon diteruskan kepada tim sehingga dipastikan bahwa semua orang telah mengetahui untuk tidak turut ikut berpartisipasi pada acara April Mop.”

 

Tidak Ingin Lelucon Ini Menjadi Boomerang

Biasanya, hari April Mop memang menjadi keharusan bagi perusahaan teknologi. Tapi tidak semua orang menyukai lelucon seperti itu dan beberapa telah diketahui menjadi bumerang secara spektakuler, seperti dalam kasus lelucon Google Minion bertema 2016. Jadi, Microsoft telah memimpin pelarangan tipuan April Mop tahun ini.

Memo ini juga mengingatkan karyawan bahwa lelucon perusahaan tidak selalu lucu, seperti lelucon Google tiga tahun lalu pada tanggal 1 April 2016 yang bisa dijadikan contoh. Tetapi, Google pada akhirnya segera dipaksa untuk mengakui dan pada akhirnya mereka hanya mengerjai diri sendiri dengan lelucon tersebut.

Google merespon mengenai lelucon yang mereka buat dengan mengatakan bahwa dikarenakan oleh bug, fitur Mic Drop tidak sengaja menyebabkan kekacauan. Mereka benar-benar meminta maaf dan fitur tersebut telah dimatikan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *