Risiko Jangka Panjang dari Huawei

Huawei merupakan perusahaan dari China dan saat ini sedang sangat dikiritik oleh badan yang mengawasi keamanan produk-produknya di telekomunikasi di Inggris, National Cyber Security Center yang merupakan bagian dari GCHO. Laporan yang dikeluarkan oleh National Cyber Security Center mengatakan bahwa itu hanya terdapat jaminan terbatas bahwa ada risiko keamanan jangka panjang dalam pengelolaan peralatan Huawei yang saat ini digunakan di Inggris.

Laporan ini mencerminkan apa yang dikatakan sebagai frustrasi yang mendalam pada kegagalan perusahaan untuk mengatasi masalah yang diidentifikasi sebelumnya. Huawei memasok untuk perusahaan telekomunikasi yang beroperasi di Inggris dan laporan ini muncul menjelang keputusan Inggris mengenai apakah akan memungkinkan perusahaan untuk membangun jaringan 5G generasi berikutnya.

Praktik Oleh Perusahaan Huawei

Tidak ada dugaan dalam laporan terbaru bahwa perusahaan tersebut secara sengaja bekerja untuk melakukan segala bentuk spionase atas nama negara Tiongkok. Sebaliknya, tuduhan itu adalah bahwa praktik buruk oleh perusahaan menciptakan kerentanan yang pada gilirannya menimbulkan risiko keamanan.

Laporan tersebut menggambarkan masalah teknis yang signifikan dalam proses rekayasa Huawei. Pendekatan Huawei terhadap pengembangan perangkat lunak membawa peningkatan risiko yang signifikan bagi operator Inggris. Para pejabat mengatakan sistem pengawasan yang ketat berarti risiko-risiko itu dapat dikurangi dan dikelola.

Namun laporan itu juga memperingatkan bahwa pengaturan saat ini hanya dapat memberikan jaminan terbatas bahwa semua risiko keamanan nasional Inggris dari keterlibatan Huawei dalam jaringan kritis Inggris dapat dimitigasi jangka panjang yang cukup.

Kekhawatiran yang Ada

Produk Huawei seringkali lebih murah daripada produk pesaing, tetapi dengan itu muncul kekhawatiran bahwa model bisnis yang mendorong pertumbuhannya yang cepat dapat menyebabkan kecerobohan dalam pekerjaannya. Karena perusahaan menawarkan produk yang berbeda untuk pelanggan yang berbeda, sulit bagi pejabat keamanan untuk dapat mengkonfirmasi bahwa semua peralatan diamankan dengan standar yang sama.

Pada 2014, sebuah dewan, yang diketuai oleh Kepala National Cyber Security Center, Ciaran Martin, dibentuk untuk mengawasi pekerjaannya. Perwakilan pemerintah lainnya serta individu dari Huawei dan perusahaan yang menggunakan peralatan Huawei juga duduk di dewan pengawas.

Kekhawatiran muncul dalam laporan tahunan tahun lalu tetapi tahun ini laporannya sangat kritis terhadap kegagalan perusahaan untuk mengatasinya. Huawei mengatakan akan menginvestasikan jumlah yang signifikan dalam menangani masalah dalam tiga hingga lima tahun ke depan, tetapi dipahami bahwa sejauh ini para pejabat belum melihat apa yang mereka anggap sebagai rencana yang kredibel untuk melakukannya.

Tidak Ada Kemajuan dari Masalah Sebelumnya

Menurut laporan tersebut, tidak ada kemajuan material yang telah dibuat oleh Huawei dalam perbaikan masalah yang dilaporkan tahun lalu. Ini menimbulkan kekhawatiran untuk masa depan, menurut dewan pengawas. Akan sulit untuk secara tepat mengatur risiko produk di masa depan dalam konteks penyebaran Inggris, sampai proses rekayasa perangkat lunak dan keamanan cyber Huawei diperbaiki.

Dewan pengawas saat ini belum melihat apa pun untuk memberikan kepercayaan pada kemampuan Huawei untuk membawa perubahan melalui program transformasi. Laporan ini menekankan bahwa keputusan mengenai peran Huawei dalam 5G akan datang setelah tinjauan yang lebih luas oleh Departemen Digital, Culture, Media and Sport (DCMS).

Tetapi peringatannya menimbulkan pertanyaan serius apakah sebuah perusahaan yang pekerjaannya pada sistem yang ada terbukti sangat bermasalah harus dibiarkan memainkan peran utama dalam membangun generasi sistem selanjutnya yang nantinya akan bergantung pada bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari.

Sebagai tanggapan, seorang perwakilan Huawei mengatakan mereka memahami kekhawatiran atas kemampuan rekayasa perangkat lunaknya dan menganggapnya sangat serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *