Pengaruh Cryptocurrency Terhadap Indonesia

Pengaruh Cryptocurrency Terhadap Indonesia

Investasi Cryptocurrency Indonesia perlahan tapi pasti mulai banyak diterapkan oleh masyarakat. Kini, masyarakat semakin marak menginvestasikan sejumlah uang yang dimilikinya ke dalam mata uang kripto. Meskipun jumlah investor mengalami peningkatan tetapi sebenarnya terdapat regulasi yang berpotensi menghambat pertumbuhan tren investasi cryptocurrency.

Regulasi ini datang dari Bank Indonesia (BI) yang merasa perlu mengatur mengenai keberadaan mata uang kripto. Seperti Anda ketahui bahwa perkembangannya telah begitu pesat di dunia ini dan telah hadir di tengah masyarakat Indonesia. Kehadirannya yang menawarkan sistem investasi dan transaksi keuangan baru jelas perlu dikaji untuk selanjutnya dibuatkan batasan-batasan.

Regulasi Bank Indonesia (BI) soal mata uang digital
Bank Indonesia merupakan lembaga yang memiliki wewenang untuk mengatur dan mengendalikan kondisi keuangan termasuk merumuskan kebijakan moneter dan fiskal. Semenjak kehadirannya, pihak BI selalu mengkaji persoalan mata uang kripto berulang kali. Pada akhirnya, BI pun membuat keputusan tegas dengan melarang penggunaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah.

Keputusan yang dikeluarkan oleh BI ini sudah pasti akan mempengaruhi tren investasi mata uang kripto di masa mendatang. Padahal sejauh ini grafik investor mata uang digital sudah cukup pesat. Menanggapi peraturan yang dikeluarkan oleh BI, pihak Bappebti justru berencana untuk melegalkan perdangan menggunakan cryptocurrency.

Bappebti berniat kaji ulang tentang Cryptocurrency
Baru-baru ini terdapat kabar bahwa pihak Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berniat membuat regulasi. Peraturan ini tentu saja akan membahas mengenai perdagangan mata uang kripto di Indonesia. Apabila regulasi ini benar-benar dibuat dan diberlakukan, maka keberadaannya seolah menjadi angin segar bagi para investor cryptocurrency Indonesia.

Jadi, tren investasi mata uang kripto akan kembali mengalami peningkatan di kalangan para investor. Kondisi ini dikarenakan mereka tidak perlu khawatir dengan legalitas dari berbagai macam produk cryptocurrency karena sudah ada regulasi yang berlaku. Regulasi inilah yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman seandainya terjadi polemik mengingat uang kripto sangat berisiko.

Kekhawatiran mengenai dampak negatif cryptocurrency
Bukan hanya terbatas pada Bitcoin dan Etherum, semua mata uang digital pasti mempunyai resiko dalam setiap investasinya. Selaku Kepala Operasional Luno Indonesia, Claristy berpendapat bahwa sala satu resiko yang dapat ditimbulkan dari kehadiran uang kripto adalah penyalahgunaannya untuk keperluan investasi bodong.

Investasi bodong jelas merupakan kendala yang dapat menghambat perkembangan mata uang kripto ke depannya. Mengapa cryptocurrency berpotensi digunakan sebagai media investasi bodong? Menurut Claristy, ketika ada pihak yang bersedia menjanjikan keuntungan pasif sekian persen dalam sehari dengan syarat pembayaran tertentu, maka dapat dipastikan bahwa ini adalah praktik investasi bodong.

Hal ini disebabkan esensi dari investasi ini adalah investor melakukan perdagangan instrumen tersebut secara mandiri. Selanjutnya, maraknya kasus investasi bodong dengan media cryptocurrency ini akhirnya membuat masyarakat Indonesia menjadi skeptis. Lesunya minat masyarakat untuk kembali berinvestasi tentu mempengaruhi perkembangan cryptocurrency Indonesia.

Asumsi yang terlanjur salah kaprah
Benarkah mata uang digital dapat digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab sebagai sarana investasi bodong? Jawabannya adalah bisa, tetapi bukan cryptocurrency-nya yang ilegal melainkan praktik investasinya. Hal ini dikarenakan investasi bodong akan menjanjikan profit sekian persen dengan syarat pembayaran tertentu. Padahal secara logika Anda tentu telah memahami bahwa dalam setiap investasi selalu menghadirkan untung dan rugi.

Apapun resiko yang dihadirkan oleh cryptocurrency, tidak dapat dipungkiri bahwa kehadirannya telah mempengaruhi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Kini, tinggal Anda sendiri yang berhak untuk memanfaatkan keberadaan cryptocurrency secara bijak. Namun, melakukan investasi yang aman tentu pilihan terbaik bagi tumbuh kembang investasi Anda ke depannya daripada mengejar profit instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *