Cryptocurrency Chart

Cryptocurrency Chart

Cryptocurrency adalah aset investasi yang berisiko tinggi disamping menawarkan profit menggiurkan. Oleh karena itu, sebagai seorang trader khususnya Anda yang pemula tidak boleh sembarangan dalam memilih mata uang kripto. Sebelum Anda memulai untuk menginvestasikan sejumlah uang ke dalam cryptocurrency sebaiknya pertajam terlebih dahulu skill analisis teknikal.

Apa itu analisis teknikal?

Apabila Anda berniat melakukan investasi mata uang digital namun belum menguasai analisis teknikal, maka itu tandanya sudah siap merugi. Ironisnya masih banyak sekali trader yang mengabaikan skill dalam membaca cryptocurrency chart melalui analisis teknikal. Padahal cara ini sangat penting untuk membantu dalam memprediksi harga cryptocurrency.

Sederhananya, analisis teknikal adalah cara yang dapat digunakan oleh para trader guna memprediksi harga mata uang kripto. Dalam proses analisisnya, trader tidak perlu memperhatikan nilai, kualitas maupun karakteristik koin seperti halnya analisis fundamental. Akan tetapi, trader hanya perlu fokus terhadap pergerakan grafik harga cryptocurrency di pasar.

Setelah Anda mengetahui pengertian analisis teknikal, maka selanjutnya akan dipelajari pula bagaimana menerapkan cara ini. Secara garis besar, terdapat tiga indikator yang harus Anda perhatikan apabila ingin melakukan analisis teknikal terhadap cryptocurrency. Ketiga incikator tersebut terdiri dari trend, support resistance dan volume.

Analisis teknikal berdasarkan trend

Banyak trader yang berasumsi bahwa analisis teknikal dengan menggunakan pedoman tren mata uang kripto berpotensi membawa profit. Asumsi ini jelas tepat mengingat proses identifikasi trend sangatlah penting. Contoh praktis yang dapat Anda terapkan adalah selalu mengamati pola chart pada posisi tertinggi dan terendah.

Apabila trend cryptocurrency chart sedang naik maka Anda dapat melakukan pembelian dengan ekspektasi harga di kemudian hari akan lebih tinggi. Selain itu, amati juga pola pergerakan harga cryptocurrency pada chart dari setiap waktu. Anda juga dapat mempermudah proses analisis teknikal menjadi lebih efektif dan efisien dengan menggunakan alat bantu berupa Moving Average (MA).

Analisis teknikal berdasarkan support resistance

Selain menggunakan trend sebagai pedoman dalam memprediksi harga uang kripto, Anda juga dapat melakukan prediksi berdasarkan support resistance. Pengertian dari support resistance adalah kondisi dimana cryptocurrency tertentu telah memasuki fase oversold atau jenuh jual. Harga uang kripto yang telah berada pada support resistance maka akan berubah menjadi breakout dan mengalami uptrend.

Sebaliknya, uang kripto yang gagal menembus fase support resistance dengan sendirinya akan mengalami downtrend. Agar Anda meraih profit maksimal maka harus yakin bahwa grafik harga sudah breakout dan sedang bergerak menuju uptrend. Jika kondisi seperti ini telah terpenuhi, maka Anda dapat segera berinvestasi karena cryptocurrency tersebut mempunyai harga yang stabil.

Analisis teknikal berdasarkan volume

Para trader berpengalaman biasanya menggunakan volume sebagai tolak ukur untuk melakukan analisis teknikal. Volume memegang peranan yang sangat penting guna mengevaluasi trend dalam harga. Jadi, Anda tidak dapat sepenuhnya mengambil keputusan hanya berdasarkan trend. Hal ini dikarenakan trend tidak mampu memprediksi harga mata uang kripto di waktu mendatang.

Misalnya apabila harga uang digital sedang mengalami uptrend sementara jumlah trader stagnan cenderung menurun. Itu pertanda bahwa uptrend yang dialami oleh cryptocurrency tersebut tidak akan berlangsung lama. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk trading sebaiknya lakukan analisis cryptocurrency chart-nya berdasarkan volume. Sederhananya adalah begini apabila volume uang kripto meningkat maka harganya menjadi kuat.

Investasi dalam bentuk cryptocurrency memang penuh dengan resiko. Oleh karena itu, analisis teknikal perlu Anda pahami dan kuasai terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja agar investasi yang Anda lakukan tidak berujung pada kerugian melainkan meraih profit maksimal. Agar ekspektasi ini terwujud maka Anda dapat segera mulai memperdalam skill analisis teknikal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *