Serba Serbi Tentang Cryptocurrency

Serba Serbi Tentang Cryptocurrency

Dewasa ini, keberadaan mata uang digital memang masih menimbulkan pro dan kontra. Beberapa pihak yang pro terhadap cryptocurrency menganggap kehadirannya mampu meminimalisir terjadinya krisis keuangan. Sementara itu, pihak yang kontra terhadap cryptocurrency justru berpendapat bahwa mata uang berpotensi menimbulkan beragam kejahatan siber.

Timbulnya pro dan kontra terkait dengan legalitas penggunaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran tentu membuat resah para investor. Oleh karena itu, para investor perlu menyimak cryptocurrency news secara rutin setiap hari. Tujuannya tentu agar investor mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan cryptocurrency. Berikut ini adalah kabar terbaru tentang mata uang digital yaitu OneCoin.

Apa itu OneCoin?
OneCoin atau populer juga dengan nama Wankebi merupakan uang kripto hasil teknologi blockchain Xunlei. Xunlei sendiri adalah perusahaan Cina yang bergerak di bidang teknologi internet khususnya pengunduh torrent. Meski didesain menyerupai Bitcoin tetapi Xunlei tidak mempublikasikan OneCoin sehingga sumbernya tidak transparan bagi siapapun melainkan hanya untuk pengguna prouduk Xunlei.

Harga yang melonjak disaat Bitcoin dan Etherum anjlok
Pemerintah Cina memang telah secara tegas membuat keputusan mengenai pelarangan penggunaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran. Jadi, investor pun tidak dapat menggunakan cryptocurrency seperti Bitcoin, Etherum dll dalam transaksi pembayaran. Kondisi ini tentu saja membuat harga beberapa mata uang digital khususnya Bitcoin dan Etherum mengalami penurunan performa.

Ada beberapa kabar yang melansir bahwa Bitcoin dan Etherum mengalami penurunan harga. Namun, tidak demikian dengan cryptocurrency Xunlei yaitu OneCoin yang harganya terus meroket. Semenjak diluncurkan, harga OneCoin melonjak hingga 80 kali dalam 2 bulan pertamanya. Walau penggunaannya masih terbatas pada produk Xunlei tetapi OneCoin mampu memperbaiki performa saham di Nasdaq.

Keberadaannya masih diliputi kontroversi
Cryptocurrency news mengabarkan bahwa harga OneCoin atau Wankebi ini memang terus melonjak dan semakin diperebutkan oleh investor. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mata uang digital yang dikeluarkan oleh Xunlei ini sebenarnya masih terus diperdebatkan. Xunlei selaku pihak produsen memiliki perspektif bahwa OneCoin tidak dikeluarkan oleh lembaga moneter.

Jadi, keberadaannya tidak menunjukkan atribut moneter sehingga anggapan statusnya yang setara dengan uang tentu patut disangsikan. Selain itu, Xunlei juga menambahkan bahwa Wankebi tidak boleh diedarkan sebagai mata uang digital bagi pengguna pasar. Secara garis besar, Xunlei menyatakan Wankebi adalah hanyalah jenis aset digital yang tidak dapat diperjual belikan dalam bentuk platform lain.

Asumsi lain justru dipaparkan oleh ahli hukum dari Renmin Law School sekaligus pengamat uang kripto yaitu Yang Dong. Menurutnya, koin digital yang diproduksi oleh perusahaan Xunlei tersebut masih dapat diperjual belikan di pasar sekunder. Kemudian, Yang Dong juga berpendapat meskipun Xunlei berulang kali telah menyanggah keterkaitan antara OneCoin dengan ICO.

Pihak Xunlei juga mengklarifikasi bahwa pihaknya tidak melakukan perdagangan uang kripto melalui platform apapun. Akan tetapi, pendapat ini justru disanggah kembali oleh Yang Dong. Ia menyatakan bahwa pada kenyataannya meski Xunlei tidak memperdagangkan cryptocurrency bukan berarti pihak ketiga tidak dapat melakukannya apabila OneCoin ditransfer antar akun pengguna.

Berbagai cryptocurrency news ini jelas menimbulkan berbagai polemik khususnya mengenai OneCoin. Beberapa pihak mengkhawatirkan keberadaan OneCoin akan berbenturan dengan regulasi bank sentral. Menanggapi masalah ini, David Yemarck berpendapat lebih bijak bahwa pihak China tidak memberi batasan jelas mengenai aktivitas apa saja yang dianggap ilegal terkait penggunaan uang kripto.
Jadi, masyarakat global khususnya para investor cryptocurrency juga dibuat resah dengan OneCoin yang penuh kontroversi. Akan tetapi, berdasarkan uraian di atas dapatlah diambil kesimpulan bahwa di masa depan uang kripto akan terus bermunculan dan OneCoin hanyalah salah satu contohnya. Lalu, sebagaimana cryptocurrency pada umumnya investasi OneCoin juga mempunyai resiko disamping profit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *